• Jumat, 9 Desember 2022

Mengenal Lebih Dekat Sosok Pembaharu dan Penggerak Sosial KH Ahmad Dahlan

- Jumat, 22 Juli 2022 | 16:45 WIB
 Foto KH. Ahmad Dahlan (screenshot dari Pundi)
Foto KH. Ahmad Dahlan (screenshot dari Pundi)

Multaqomedia - Kita tentu tahu bagiaman pergerakan muhammadiyah yang erat kaitannya dengan modernisme dan sosial keislaman. Kesemua itu adalah warisan yang diberikan oleh KH. Ahmad Dahlan. 

Berikut adalah ulasan biografi singkat dari KH. Ahmad Dahlan dan kita tiru perjuangannya.

Baca Juga: Kyai Ngabei Haji Agus Sunyoto, Sastra Pesantren dalam Pergulatan

KH Ahmad Dahlan adalah seseorang yang seringkali dikenal sebagai tokoh pendiri dari salah satu organisasi Islam di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Ahmad Dahlan juga dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam pembaharuan ajaran agama Islam di Indonesia. Berkat banyaknya jasa atau peran penting yang dilakukan Ahmad Dahlan sehingga pemerintah Indonesia memberikannya gelar sebagai Pahlawan Nasional.

KH Ahmad Dahlan adalah anak keempat dari tujuh bersaudara yang lahir pada tanggal 1 Agustus 1868 di Yogyakarta. Sebagian besar saudaranya adalah perempuan kecuali si adik bungsu. Nama ayah Ahmad Dahlan adalah KH Abu Bakar sedangkan ibunya bernama Siti Aminah yang merupakan anak dari penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu H. Ibrahim.

Tokoh yang mempunyai nama kecil Muhammad Darwis ini merupakan keturunan ke-12 dari Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik. Sunan Gresik sendiri adalah salah satu anggota dari Walisongo yang merupakan pelopor dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Baca Juga: Makna Cinta Menurut Ibnu Arab, Mari Simak!

Sedari kecil, Ahmad Dahlan sudah dididik dalam lingkungan pondok pesantren serta sudah mempelajari pengetahuan tentang agama Islam dan bahasa Arab.

Saat berusia 15 tahun, Ahmad Dahlan menunaikan ibadah haji dan kemudian memutuskan untuk tinggal di Mekah selama 5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Ahmad Dahlan bertemu dan belajar kepada beberapa pemikiran pembaharu agama Islam seperti Ibnu Taimiyah, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, dan Al-Afghani.

Halaman:

Editor: Ahmad Dahri

Tags

Terkini

Karomah Mbah Priuk, Ternyata Sejak Remaja Sudah Nampak

Selasa, 6 September 2022 | 18:42 WIB

Cara Habib Umar Mempermainkan Dunia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Karomah Mbah Hasyim Asy'ari Ngaji 120 Tahun

Senin, 1 Agustus 2022 | 16:37 WIB

3 Doa Harian tentang Berpakaian

Sabtu, 23 Juli 2022 | 10:43 WIB

Terpopuler

X