• Sabtu, 24 September 2022

Renungan Kehidupan, Menikah Itu Harus Dipersiapkan Mentalnya

- Rabu, 7 September 2022 | 12:37 WIB
ilustrasi Pernikahan harus Disiapkan Mentalnya (Pixabay)
ilustrasi Pernikahan harus Disiapkan Mentalnya (Pixabay)

Oleh: Ust. Ahmad Rif'an

Multqomedia.com - Jangan pernah terbersit niat bikin undangan yang mahal-mahal. Tak ada artinya sama sekali. Ia hanya akan berakhir di tempat sampah. Pilihlah yang murah tapi manfaatnya ada. Ada yang desain kalender meja, kumpulan doa, berisi nasehat-nasehat kebaikan yang tahan lama. Sekedar berbagi, saya memilih desain buku 22 halaman yang berisi kumpulan doa keluarga islami, nasehat dan doa kebaikan,

Jangan pernah terbersit niat berfoto pre-wedding. Foto romantis bersama pasangan tak halalmu itu bisa diganjar dengan ribuan kali lipat dosa, sebanyak ia tercetak dan terlihat oleh yang akan kau undang. Sabarlah, usai nikah silahkan puaskan hasrat berfotomu dengan kekasih halalmu. foto post wedding moga lebih berkah.

Baca Juga: Renungan Kehidupan, Pacaran Sehat Menuju Sakinah

Jangan pernah terbersit niat menjadikan pernikahan sebagai ajang untuk menyebut dan membangga-banggakan gelar akademis, gelar kehormatan, jabatan, serta beragam hal yang tak relevan dengan nikahmu. Apalagi mencantumkannya di undangan. Ingat, kau hendak nikah, bukan hendak cari beasiswa.

Jangan bermewah dalam acara. Bukan mahalnya biaya nikah yang jadi penjamin keutuhan dan kebahagiaan rumah tanggamu kelak. Bukan kesan ‘wah’ yg mengutuhkan keluargamu. Justru dalam kesederhanaan yang penuh ketawadhu’an, serta berharap hadirnya doa-doa tulus yang jadi perantara Tuhan untuk menghadirkan bahagia dalam rumah tanggamu.

Baca Juga: Renungan Kehidupan, Pentingnya Makna Keperawanan Bagi Perempuan

Hindari sajian hiburan yang tak elok dinikmati. Tujuan walimah adalah mengabarkan pernikahan serta menampung doa keberkahan dari undangan. Hindari dangdutan dengan penyanyi seksi, apalagi musik Arab dengan tarian perut. Yang Arab juga belum tentu islami. Saya dulu lebih tertarik menghadirkan sahabat-sahabat Cinta Rebana ITS yg membawakan shalawat yang teriring murni dengan rebana. Tanpa iringan lain. Moga lebih sesuai sunnah.

Hindari beragam aktivitas yang mengundang murka-Nya. Sesajen, pawang hujan, hitungan hari baik, serta beragam ritual yang tak rasional dan tak relevan dalam agama. Banyak-banyaklah ngobrol dengan keluarga tentang persiapan yang lebih baik, agar pas hendak nikah, tak terjadi perdebatan antara kalian dengan keluarga.

Halaman:

Editor: Ahmad Dahri

Sumber: Magnet Hati

Tags

Terkini

5 Doa Agar Terhindar Dari Fitnah

Jumat, 9 September 2022 | 20:49 WIB

Manfaat Bulan Safar, Jangan Sampai Ketinggalan

Jumat, 9 September 2022 | 18:32 WIB

Muadzin di Masa Nabi Muhammad dan Keutamaan Adzan

Jumat, 9 September 2022 | 18:26 WIB

7 Keutamaan Adzan dalam Beberapa Hadist

Jumat, 9 September 2022 | 12:28 WIB

Artikel Gus Malkan Junaidi, Implantasi Ide

Kamis, 8 September 2022 | 22:57 WIB

Pesan Kyai Maimoen Zubair Dalam Mengembangkan Diri

Kamis, 8 September 2022 | 22:44 WIB

Fakta Terbaru Dokter Bunuh Diri di Malang

Kamis, 8 September 2022 | 11:30 WIB
X