• Minggu, 25 September 2022

Artikel Gus Malkan Junaidi, Implantasi Ide

- Kamis, 8 September 2022 | 22:57 WIB
Foto Gus Malkan Junaidi dan Saut Situmorang (FB Malkan Junaidi)
Foto Gus Malkan Junaidi dan Saut Situmorang (FB Malkan Junaidi)

Multaqomedia.com - Menulis adalah tindakan menanamkan ide, mengubah kesadaran mereka yang jadi target tulisan, dan pada gilirannya mendorong mereka pada tindakan tertentu.

Supaya efektif, tindakan penanaman ini harus diterima sebagai proses alami oleh target tulisan. Makin alami makin subtil, makin sedikit resistensi dari target.

Serupa digambarkan dalam film Nolan, Inception, di mana ide ditanamkan di bawah-sadar melalui penyusupan ke dalam mimpi target (hingga beberapa level mimpi---mimpi di dalam mimpi).

Baca Juga: Pesan Kyai Maimoen Zubair Dalam Mengembangkan Diri

Tentu tak perlu seribet metode dalam fiksi ilmiah sutradara film Memento itu. Pada pokoknya, kealamiahan dalam wacana di atas bisa dipandang sebagai seni mencuri momentum. Ialah bagaimana persinggungan Anda dengan target tidak terkesan artifisial dan ofensif.

Bisa digambarkan dengan perbedaan kesan antara 'menyampaikan nasehat pada target dengan cara Anda ujuk-ujuk bertamu ke rumahnya dan lalu bicara to the point, macam dilakukan para pendakwah keliling yang biasanya menginap di tempat-tempat ibadah itu' dan 'menyampaikan hal yang sama dengan cara Anda menunggu target mengundang Anda untuk ngopi santai, lalu Anda menunggu dengan sabar hingga obrolan mengarah ke pokok yang ingin Anda sampaikan atau dengan lembut sejak awal Anda mengarahkan obrolan ke pokok tersebut.

Baca Juga: Stasiun Hujan, Karya Sastra Taufiqurrahman W.R

Mengomentari, dengan cara spesifik, peristiwa-peristiwa sosial yang sedang jadi perhatian publik bisa menjadi strategi penerapan implantasi ide ini.

Peristiwa yang ada di luar rekayasa Anda sekaligus yang memberi peluang kepada Anda dan siapapun untuk terlibat sangat jauh.

Halaman:

Editor: Ahmad Dahri

Tags

Terkini

5 Doa Agar Terhindar Dari Fitnah

Jumat, 9 September 2022 | 20:49 WIB

Manfaat Bulan Safar, Jangan Sampai Ketinggalan

Jumat, 9 September 2022 | 18:32 WIB

Muadzin di Masa Nabi Muhammad dan Keutamaan Adzan

Jumat, 9 September 2022 | 18:26 WIB

7 Keutamaan Adzan dalam Beberapa Hadist

Jumat, 9 September 2022 | 12:28 WIB

Artikel Gus Malkan Junaidi, Implantasi Ide

Kamis, 8 September 2022 | 22:57 WIB

Pesan Kyai Maimoen Zubair Dalam Mengembangkan Diri

Kamis, 8 September 2022 | 22:44 WIB

Fakta Terbaru Dokter Bunuh Diri di Malang

Kamis, 8 September 2022 | 11:30 WIB
X