Definisi Adzan dan Keutamaannya Menurut Hadist Nabi Muhammad

- Jumat, 9 September 2022 | 18:23 WIB
Ilustrasi doa ketika ke masjid (unsplash/Muhammed Abiodun)
Ilustrasi doa ketika ke masjid (unsplash/Muhammed Abiodun)

Multaqomedia.com - Adzan adalah lafad tertantu yang di gunakan untuk mengumumkan, memberitahukan kepada umat islam bahwa waktu sholat telah datang.  (penjelasan di ambil dari kitab Al Mughni, 2: 53, Kitabush Shalat, Bab Adzan. Dinukil dari Taisirul Allam, 78).

Kata Muadzin di ambil dari isim Fa’il yang berarti orang yang mengumandangkan adzan, dengan lafadz-lafadz tertentu yang sudah di syariatkan.

Asal Mula adzan tercetus ketika Rasulullah Saw bingung menentukan alat yang akan di gunakan untuk memberitahukan sholat kepada kaum muslimin, lalu Rasulullah mengumpulkan para sahabat meminta saran, seperti yang tercantum dalam hadist di bawah ini.

Baca Juga: 7 Keutamaan Adzan dalam Beberapa Hadist

“Gunakanlah lonceng seperti orang-orang Nasrani.” Sebagian lain berkata: “gunakanlah terompet seperti terompet orang Yahudi.” Lalu umar berkata: “mengapa kalian tidak menyerukan seseorang untuk melakukan solat?” kemudian Rasulullah SAW bersabda, “hai Bilal, berdiri dan serukanlah panggilan Sholat”.

Asal mula lafad adzan yang di gunakan untuk memberitahukan kamu muslimin, berawal dari mimpinya Abdullah bin Zaid, ketika Abdullah bermimpi di datangi oleh seseorang yang berbaju putih, dan mengajarkan lafad-lafad adzan seperti yang kita kenal saat ini, setelah terbangun, lalu Abdullah mendatangi Rasulullah Saw dan menceritakan mimpinya, seperti dalam hadist ini:

Rasulullah Bersabda“Sesungguhnya ini adalah mimpi yang benar, insya allah. Berdirilah, temuilah Bilal dan sampaikanlah kepadanya apa yang engkau impikan, agar ia beradzan dengan lafadh-lafadh itu, karena Bilal lebih keras suaranya dari pada kamu, kemudian Abdullah menemui Sahabat bilal dan Bilal pun lalu adzan dengan lafadh-lafadh yang aku mimpikan”

Setelah Bilal mengumandangkan adzan, sahabat Umar Bin Khattab berkata, sungguh aku juga mimpi persis seperti yang ia impikan itu”. Lalu Rasulullah SAW mengucapkan, “Bagi Allah lah segala puji.” (HR. Abu Dawud).

Baca Juga: Artikel Gus Malkan Junaidi, Implantasi Ide

Halaman:

Editor: Ahmad Dahri

Tags

Terkini

Menengok Pesan Sultan Agung dalam Mencari Ilmu

Selasa, 27 Desember 2022 | 10:35 WIB

Kyai Ma'ruf Khozin: Tahlilan yang Memberatkan

Senin, 26 Desember 2022 | 11:31 WIB

Adakah Cara Merubah atau Memutuskan Niat?

Selasa, 13 Desember 2022 | 22:58 WIB

Hukum Mengucapkan Selamat Natal Bagi Orang Muslim

Senin, 12 Desember 2022 | 09:07 WIB

Mendalami Islam dengan Iman, Inilho Dasarnya

Jumat, 11 November 2022 | 19:20 WIB

Cara Menyucikan dan Macam-macam Najisnya

Jumat, 11 November 2022 | 09:11 WIB

Cara Melakukan Tayammum, Yuk Intip di sini

Kamis, 3 November 2022 | 22:46 WIB

Wudhu' yang Baik dan Benar, Berikut Tata Caranya

Kamis, 3 November 2022 | 12:05 WIB

Nasihat Gus Mus, Pandai-Pandai Bermedsos

Kamis, 3 November 2022 | 11:57 WIB

Niat adalah Ibadah Hati, Kok Bisa? Ini Pendapat Ulama

Kamis, 3 November 2022 | 05:07 WIB

Terpopuler

X