• Sabtu, 24 September 2022

Muadzin di Masa Nabi Muhammad dan Keutamaan Adzan

- Jumat, 9 September 2022 | 18:26 WIB
Ilustrasi Adzan di Masjid (Pixabay)
Ilustrasi Adzan di Masjid (Pixabay)

Multaqomedia.com - Asal Mula adzan tercetus ketika Rasulullah Saw bingung menentukan alat yang akan di gunakan untuk memberitahukan sholat kepada kaum muslimin, lalu Rasulullah mengumpulkan para sahabat meminta saran, seperti yang tercantum dalam hadist di bawah ini.

“Gunakanlah lonceng seperti orang-orang Nasrani.” Sebagian lain berkata: “gunakanlah terompet seperti terompet orang Yahudi.” Lalu umar berkata: “mengapa kalian tidak menyerukan seseorang untuk melakukan solat?” kemudian Rasulullah SAW bersabda, “hai Bilal, berdiri dan serukanlah panggilan Sholat”.

Baca Juga: 7 Keutamaan Adzan dalam Beberapa Hadist

Asal mula lafad adzan yang di gunakan untuk memberitahukan kamu muslimin, berawal dari mimpinya Abdullah bin Zaid, ketika Abdullah bermimpi di datangi oleh seseorang yang berbaju putih, dan mengajarkan lafad-lafad adzan seperti yang kita kenal saat ini, setelah terbangun, lalu Abdullah mendatangi Rasulullah Saw dan menceritakan mimpinya, seperti dalam hadist ini:

Rasulullah Bersabda“Sesungguhnya ini adalah mimpi yang benar, insya allah. Berdirilah, temuilah Bilal dan sampaikanlah kepadanya apa yang engkau impikan, agar ia beradzan dengan lafadh-lafadh itu, karena Bilal lebih keras suaranya dari pada kamu, kemudian Abdullah menemui Sahabat bilal dan Bilal pun lalu adzan dengan lafadh-lafadh yang aku mimpikan”

Setelah Bilal mengumandangkan adzan, sahabat Umar Bin Khattab berkata, sungguh aku juga mimpi persis seperti yang ia impikan itu”. Lalu Rasulullah SAW mengucapkan, “Bagi Allah lah segala puji.” (HR. Abu Dawud).

Baca Juga: Definisi Adzan dan Keutamaannya Menurut Hadist Nabi Muhammad

Ketahuilah, bahwa muadzain pada zaman nabi Muhammad Saw bukan hanya Sahabat Bilal Bin Rabbah saja, kenapa, hanya sahabat Bilal yang terkenal, itu bukan salah sejarah yang telat menceritakan, hanya saja kita kurang banyak membaca.

Muadzin Zaman Rasulullah Saw

Halaman:

Editor: Ahmad Dahri

Tags

Terkini

5 Doa Agar Terhindar Dari Fitnah

Jumat, 9 September 2022 | 20:49 WIB

Manfaat Bulan Safar, Jangan Sampai Ketinggalan

Jumat, 9 September 2022 | 18:32 WIB

Muadzin di Masa Nabi Muhammad dan Keutamaan Adzan

Jumat, 9 September 2022 | 18:26 WIB

7 Keutamaan Adzan dalam Beberapa Hadist

Jumat, 9 September 2022 | 12:28 WIB

Artikel Gus Malkan Junaidi, Implantasi Ide

Kamis, 8 September 2022 | 22:57 WIB

Pesan Kyai Maimoen Zubair Dalam Mengembangkan Diri

Kamis, 8 September 2022 | 22:44 WIB

Fakta Terbaru Dokter Bunuh Diri di Malang

Kamis, 8 September 2022 | 11:30 WIB
X